Logo Datiska Global
Berita Terkini

Flashing (upgrade & Downgrade) Bb10 Menggunakan Autoloader

Flashing (upgrade & Downgrade) Bb10 Menggunakan Autoloader

Ingin melakukan flashing (install ulang) karena ponsel BlackBerry 10 kamu mengalami error/stuck on booting? ataukah kamu hanya ingin sekedar melakukan upgrade/downgrade BB10 secara bersih dengan me..

Tips & Trik Xiaomi: Flashing Miui Rom Lewat Mi Recovery

Tips & Trik Xiaomi: Flashing Miui Rom Lewat Mi Recovery

Ingin install ulang MIUI ROM di smartphone Xiaomi? atau ingin coba-coba ganti ROM ke versi regional lain misalnya dari versi Singapore ke China? Anda dapat melakukan semua itu secara langsung melal..

Flash (install Ulang) Rom Xiaomi Redmi 1s, Mi3, Mi4 Via Fastboot Mode

Flash (install Ulang) Rom Xiaomi Redmi 1s, Mi3, Mi4 Via Fastboot Mode

Flashing ROM Android MIUI di Xiaomi Redmi 1S, Mi3 dan Mi4 terkadang sangat dibutuhkan dalam kasus tertentu. Misalnya saja saat ketika mengalami bootloop (stuck di logo android), atau karena sistemn..

loading...
Kategori


SEO Reports for datiskaglobal.com
  • Home
  • Datiska Global - Flashing (upgrade & Downgrade) Bb10 Menggunakan Autoloader


Ingin melakukan flashing (install ulang) karena ponsel BlackBerry 10 kamu mengalami error/stuck on booting? ataukah kamu hanya ingin sekedar melakukan upgrade/downgrade BB10 secara bersih dengan metode fresh install? Kalau begitu, silahkan gunakan Autoloader OS sebagai salah satu jawabannya.

Sekedar diketahui, autoloader merupakan file firmware BB10 yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan reinstall, upgrade atau downgrade sistem operasi di perangkat BlackBerry Z10, Q10, Q5, Z30, Porsche Design atau BB10 tipe lainnya.

Proses flashing menggunakan autoloader sendiri dapat dilakukan dengan beberapa tahap dan tentunya sangat mudah dilakukan. Jelasnya detail mengenai cara penggunaannya bisa dilihat seperti dibahwa ini.

Perlu Diperhatikan

Sebelum memulai proses flashing, terlebih dahuluh perhatikan beberapa hal berikut ini supaya BB10 tidak mengalami masalah yang dapat menimbulkan kerugian buat kamu.

  • Siapkan satu buah komputer/laptop yang didalamnya sudah terinstall Blackberry Link. Mengapa? agar driver BB10 dapat dikenali saat nantinya dihubungkan ke PC.
  • Pastikan daya baterai pada perangkat BB10 sudah terisi minimal 80%.
  • Proses flashing akan menghapus data-data di ponsel BB10, jadi pastikan backup data terlebih dahulu misalnya menggunakan BlackBerry link.

    Jika flashing dilakukan untuk tujuan downgrade, maka backup data yg ada di BlackBerry link tidak bisa di restore ke versi OS yang lebih rendah. Jadi untuk solusinya lakukan saja backup menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti backup pro (simpan file backup-nya di sd card).

Download File-file yang Diperlukan

Download semua file yang dibutuhkan dibawah lalu simpan di komputer/laptop.

  • Download SIC Multiwipe v1.2 atau SIC Multiwipe v1.3 (untuk tambahan pilihan BlackBerry Passport).
  • Download Autoloader OS BB10 disini yang sesuai dengan model perangkat BB10 kamu. Untuk model perangkat BB10 dapat dilihat melalui menu “Settings > About” (Contoh untuk Z10 saya tipenya STL100-1).
    BB10 About Menu

     

    Pilih autoloader versi yang paling tinggi bila ingin upgrade, atau versi yang rendah dari OS BB10 yang saat ini sedang kamu pakai bila mau downgrade.

Bersihkan Dahulu BB10 Kamu Menggunakan SIC Multiwipe

Untuk mendapatkan hasil optimal di OS BB10 kamu nantinya, maka disarankan lakukan proses cleaning terlebih dahulu menggunakan SIC Multiwipe.

  1. Matikan (turn-off) BB10 kamu.
  2. Ekstrak SIC Multiwipe yang sudah didownload di PC menggunakan 7zip atau winrar dalam satu folder. Setelah itu jalankan programnya.
  3. Akan muncul jendela MS-DOS. Untuk yang menggunakan SIC Multiwipe v1.3, silahkan pilih tipe device yang akan di wipe.
  4. Pada saat keterangan “Connecting to Bootrom” muncul. Silahkan hubungkan ponsel BB10 ke PC menggunakan kabel data USB original.
  5. Lampu LED BB10 akan menyala menjadi hijau dan bersamaan dengan itu proses wipe akan langsung berjalan secara otomatis.
    SIC Multiwipe BlackBerry 10
  6. Tunggu saja hingga jendela MS-DOS tertutup sendiri yang menandakan proses wipe selesai (bila proses wipe selesai, lampu LED BB10 akan berkedip merah dengan pola tetap 2x…2x).

Bila proses wipe selesai, jangan dulu copot koneksi data USB BB10 ke PC (biarkan tetap tehubung), karena masih akan dilanjutkan kelangkah flashing seperti dibawah.

Langsung Flashing BB10 Menggunakan Autoloader

  1. Pastikan BB10 masih terhubung ke PC.
  2. Jalankan Autoloader OS yang sudah kamu download sebelumnya di PC.
  3. Jika tidak ada masalah, maka program autoloader (tampilannya berupa MS-DOS layar hitam) akan langsung berjalan otomatis untuk menginstall OS diperangkat BB10.
    Autoloader-BlackBerry-10
  4. Tunggu hingga MS-DOS autoloader tertutup sendiri yang menandakan prosesnya telah selesai dan bersaman dengan itu BB10 kamu akan reboot dan masuk ke setup awal.

    Saat BB10 masuk ke setup awal layaknya seperti ketika pertama kali dibeli, itu tandanya proses install ulang ponsel sudah berhasil dilakukan. Jadi silahkan atur saja sesuai keinginanmu.

Ingat! pada saat proses wipe dan flashing sedang berlangsung, jangan sekali-kali melepas sambungan kabel data USB BB10 yang terhubung PC sebelum prosesnya selesai.




Cara Menghapus Dan Mengganti Akun Gmail Di Hp Android

Memahami Game Maker

Flash (install Ulang) Rom Xiaomi Redmi 1s, Mi3, Mi4 Via Fastboot Mode